Senin, 23 April 2012

Senin, April 23, 2012 - No comments

Let's Celebrate Earth Day

22 April 2012. Hari apakah itu? 
Minggu. Hhmmm itu sih sudah pasti (fakta kalender tahun 2012). 

Yang lebih spesifik, ada yang tau??
Hanya suara-suara sunyi yang menjawab. Yup, sebenarnya tanggal 22 April adalah hari bumi sedunia.

Tak banyak khalayak insan yang tau akan hal ini. Terlebih dengan sejarah terlahirnya hari bumi sedunia. Mungkin hanya segelintir yang tau hal ini. 

Sekilas tentang tanggal 22 April 2012.
Kisah lahirnya hari bumi berawal dari empat puluh dua tahun yang lalu bertempat di Amerika Serikat. Dialah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga seorang pengajar lingkungan hidup. Beliau menggagasi adanya peringatan hari bumi sejak satu tahun sebelumnya, tahun 1969. Menurut pandangannya, diperlukan adanya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi di perguruan tinggi, Gagasan ini mendapatkan respon yang cukup luas hingga meraih puncaknya pada 22 April 1970.

Ketika itu sejarah mencatat bahwa kira-kira 20 juta manusia turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York. Sebagai aksi untuk mengecam para perusak bumi. Begiltulah majalah TIME mencatat sebuah sejarah baru kala itu.
Finally, moment ini kemudian menjadi tonggak sejarah memperingatinya hari bumi untuk penayangan perdana. Tanggal ini pun bertepatan  dengan musim semi di Northern hemisphere (bumi belahan utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. PBB pun mengakuitanggal 22 April sebagai hari bumi yang dilaksanakan secara global, ecara resmi merayakannya 22 April sebagai “International Mother Earth Day“.


Hari Bumi Sedunia tanggal 22 April 2012
Bukan trompet, bahkan kue tart cantik yang dibutuhkan di hari bumi ini. Kita sudah banyak menuntut pada bumi, dan kini saatnya kita untuk memberikan sesuatu pada bumi. Itulah kado terindah yang munkin akan berkesan baginya. Mari kita rayanakan hari bumi ini dengan "10 Ways to Go Green and Save Green".

1. Menghemat Energi Untuk Menghemat Uang.
- Mengatur termostat beberapa derajat lebih rendah di musim dingin dan beberapa derajat lebih tinggi di musim panas untuk menghemat biaya pemanasan dan pendinginan.
-Mengganti bola lampu neon kompak (CFL) ketika lampu pijar tua habis.
-Mencabut peralatan ketika tidak digunakan. Atau gunakan strip daya secara cerdas ketika peralatan tidak aktif dan memotong penggunaan energi.
-Mencuci pakaian dalam air dingin bila memungkinkan. Sebanyak 85 % dari energi yang digunakan untuk mesin-cuci pakaian pergi ke pemanas air.
-Menggunakan rak pengeringan atau jemuran untuk menyimpan energi dinyatakan digunakan selama pengeringan mesin.



2. Hemat Air Untuk Menghemat Uang.
- Mandi dengan pancuran lebih pendek untuk mengurangi penggunaan air. Ini akan menurunkan air dan tagihan pemanas juga.
- Menginstal pancuran aliran lebih rendah. Supaya tidak memerlukan biaya banyak, dan penghematan air dan energi dengan cepat dapat membayar kembali investasi kita.
- Pastikan memiliki keran aerator pada setiap keran. Peralatan murah ini menghemat sambil menjaga tekanan air tinggi.
-Menanam tanaman yang teoleransi terhadap kekeringan di kebun Anda. Banyak tanaman membutuhkan air minimal. Cari tahu yang terjadi secara alami di wilayah Anda.


3. Mengurangi Gas = Uang berlebih (Lebih menyehatkan)
- Berjalan atau bersepeda untuk bekerja. Hal ini menghemat biaya gas dan parkir sementara meningkatkan kesehatan jantung kita dan mengurangi risiko obesitas.
- Pertimbangkan telekomunikasi jika kita tinggal jauh dari pekerjaan kita. Atau bergerak lebih dekat. Bahkan jika ini berarti membayar lebih banyak sewa, bisa menghemat uang dalam jangka panjang.
- Melobi pemerintah setempat untuk meningkatkan penggunaan di trotoar dan jalur sepeda. Dengan biaya yang murah, perbaikan ini dapat membayar dividen besar dalam memperbaiki kesehatan kita dan mengurangi lalu lintas.


4. Cerdas dalam Makan
- Jika kita makan daging, tambahkan satu makanan tanpa daging seminggu. 
- Membeli  daging, bahan organik , telur, dan susu kapanpun dari petani setempat.
- Menonton video tentang mengapa makanan lokal dan makanan laut berkelanjutan sangat besar.
- Apapun pola makan kita, kurangi untuk memakan makanan laut.
 

5. Membuang Botol Plastik 
- Menggunakan filter air untuk memurnikan air keran daripada membeli air kemasan. Tidak hanya air kemasan mahal, tapi menghasilkan sejumlah besar limbah wadah.
- Membawa botol air yang dapat digunakan kembali ketika kita sedang berpergian, sebaiknya alumunium bukan plastik.
- Melihat artikel pendek terbaru tentang tren air kemasan.


6. Berpikir Sebelum Membeli
- Searching untuk menemukan produk baru atau bekas yang masih baik digunakan.
- Memeriksa penjualan garasi, toko barang bekas, dan toko-toko pengiriman untuk pakaian dan barang-barang sehari-hari lainnya.
- Ketika melakukan pembelian, pastikan kita sanggup atau tidak.
- Menonton video tentang apa yang terjadi ketika kita membeli sesuatu. Pembelian kitamemiliki dampak yang nyata, untuk lebih baik atau lebih buruk


7. Meminjam Daripada Membeli.
-Meminjam dari perpustakaan daripada membeli buku-buku pribadi dan film. Hal ini menghemat uang, belum lagi tinta dan kertas yang masuk ke dalam mencetak buku baru.
- Berbagi penggunan peralatan dan aplikasi lainnya. Kenalilah tetangga kita sambil mengurangi pada jumlah hal yang berserakan lemari atau garasi.


8. Cerdas Membeli
- Membeli dalam jumlah besar. Membeli makanan dari tempat grosir dapat menghemat uang dan kemasan.
- Memakai pakaian yang tidak perlu dry-clean. Hal ini menghemat uang dan menghemat penggunaan bahan kimia beracun.
- Investasi produk berkualitas tinggi dan tahan lama. Kita mungkin membayar lebih sekarang, tapi kita akan senang ketika kita tidak perlu mengganti item seperti yang sering (dan ini berarti limbah yang sedikit!).


9. Jauhkan Elektronik dari Tempat Sampah.
- Menjaga ponsel, komputer, dan elektronik lainnya selama mungkin.
- Donasi atau daur ulang mereka bertanggung jawab bila saatnya tiba. E-limbah mengandung merkuri dan racun lainnya dan merupakan masalah lingkungan tumbuh.
- Daur ulang ponsel kita.
- Meminta pemerintah setempat untuk mendirikan sebuah daur ulang elektronik dan acara pengumpulan sampah berbahaya.


10.Menyediakan Kebersihan yang Kita Lakukan
- Rahasia besar: Kita dapat melakukan yang sangat efektif, produk pembersih tidak beracun setiap kali kita membutuhkannya. Yang kita butuhkan adalah bahan-bahan sederhana seperti baking soda, cuka, lemon, dan sabun.
- Membuat produk pembersih kita sendiri yang dapat menghemat uang, waktu, dan kemasan-belum serta kualitas udara dalam ruangan Anda.


Itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk merayakan hari bumi sedunia. Hal ini tidak hanya  dilakukan hari ini saja. Atau berhenti hingga hari ini saja. Kita bisa lakukan ini tiap hari, kapanpun. Because earth day is every day.


Source:
www.earthday.org
www.earthsocietyfoundation.org
www.history.com/topics/earth-day

0 komentar:

Posting Komentar