Senin, 12 Desember 2011

Senin, Desember 12, 2011 - No comments

Dengar, Aku Bukan Kertasmu...

Kertas.

Aku tau kertas itu fungsinya untuk apa.

Dari kecil hingga sekarang aku pun tak pernah lupa dengan fungsi benda itu.

Menulis... Yahh itu fungsinya.

Dengan kertas kita bisa menulis sesuka hati kita.

Dengan menulis kita bisa mencurahkan apa yang kita mau

Dengan mencurahkan isi hati, beban hidup seakan berkurang

Dengan begitu, hidup terasa indah dan nyaman. Right??

Jika kita bosan

Dengan sangat mudah kita bisa membuangnya

Membuangnya jauh-jauh dari sisi kita
Atau membakarnya bila perlu

Lagi, kita mendapatkan manfaat dari si kertas

Kehangatan di kala dinginnya suasana

Setelah padam kita membiarkannya

Tak ada yang bisa dilakukan si kertas 

Selain diam menerima nasib menjadi abu kertas yang tak guna...




Malang nian nasib kertas itu

Sebuah kesetiaan dan pengorbanan yang amat perih

Bagaimana jika kertas itu adalah diri kita sendiri

Bayangkannnn....!!

Melakukan suatu pengorbanan yang tiada hasil

Pedihkah, perihkan atau menyakitkan

Tentu semuanya...

Semoga...

Tak akan ada kertas-kertas seperti itu yang lain

Namun.. hanya ada kertas-kertas yang bisa bercerita indah 

Jika seandainya dia dapat berbagi cerita dengan kita


Sabtu, 10 Desember 2011

Sabtu, Desember 10, 2011 - No comments

Mereka Bilang, Cinta Tak Harus Memiliki


Liat deh, di atas ada 6 kotak. Hiji, dua, tilu, opat, lima jeung genep [sunda;subtitle]. Whatsss up???? Nggak ada yang berubah tuh.... Memang...!!! Sampe berapa kali kita ngitung juga itu gambar bakal tetep aja kaya gitu. Nggak beranak pinak nggak juga berdegenerasi (eaaaa bahasa biologinya keluar haha). Tapi.... aku terkesan banget loh sama gambar yang satu ini.

Awalnya sih nggak tau kenapa, apalagi kalo ngeliat tokoh cowonya nya nggak mirip sama Lee Seung Gie, cowok manis menurut aku ;). Tapi.. pas aku mikir-mikir niy gambar keren banget maknanya. 'aku banget deh' kalo kata ABG-ABG jaman sekarang (yg mungkin lagi galau kaya gambar diatas. hheehe).  Jadi intinya tuhh kalo kata aku,,,,
"Meskipun miskin dialog, tapi gambar itu kaya akan makna cerita yang tersirat dari satu adegan demi adegan"
Ratusan kali, atau mungkin ribuan kali (ahh lebai) aku sering banget banget ngedengar sebuah petikan kata simple tapi dalem maknanya.. Niy petikan katanya>>>> "CINTA TAK HARUS MEMILIKI". Heuuu.. dari mulai tulisan di buku-buku sampe di lirik sebuah lagu, kalimat itu seakan sebuah trending topic atau mungkin jadi kutipan favorit banyak orang (Herann, kaya nggak ada kata lain aja yahhh hahaha).

 Lama-lama rasanya telinga ini udah hafal banget sama kalimat yang satu itu, mungkin kalo telinga bisa curhat, dia pasti bilang: AKU BOSEN DENGER ITU... CUKUPP CUKUPPP... begitupun kalo mata bisa bercerita pasti dia bilang: TUNJUKKAN YANG LAIN, JANGAN KALIMAT ITU.

So I lay my head back down. And I lift my hands and pray
To be only yours, I pray. To be only yours I know now...You're my only hope
 [Song by Mandy Moore, Only Hope]
Gimana sih perasaannya, ketika berdiri melihat orang yang kita kasih hati malah nyerahin hatinya buat orang lain. Gimana juga, kalo penantian yang semisalnya sampe bertaun-taun harus di bombardir dengan kejadian seperti itu yang mungkin hanya kurang dari 1 menit. Nggak bisa dibayangin tuh porak poranda hatinya. Mungkin bukan hatinya aja, tapi seluruh jiwa dan raganya juga porak poranda. Completed !!




Kalo udah gitu kejadiannya...  hhmmm... Nggak banyak yang bisa dilakuin selain shock dan ngelakuin tingkah-tingkah galau. Pokoknya bohong banget kalo cuma bisa sabar sabar dan sabar. Pasti ada embel-embel lainnya. Entah nangis sampe ngabisin stock tissue, murung di pojokan kamer, nangis di bawah shower, marah-marah nggak jelas atau apalah sejenisnya. Bisa juga jadi diet makan dadakan??? atau malah ngerusak diet dengan tingkah omnivora yang tiba-tiba muncul....

Diakui masa-masa seperti inilah seseorang dadakan menjadi seorang pujangga. Nulis-nulis buat ngeluarin unek-uneknya, yang justru bikin kagum sendiri pas bacanya. Atau juga menjadi seorang pencipta lagu yang terpaksa ngebiarin jari-jarinya memetik senar gitar. Meskipun nada-nadanya entah berseliweran kemana-kemana.

Mungkin tingkah-tingkah ini bisa sedikit mengurangi perasaan yang tercabik-cabik itu. Tapi, aku yakin, di ruang hati yang tertinggal dan terluka itu, timbul pertanyaan-pertanyaan 5W+1H (mari kita mengulas pelajaran b.Indonesia,,, hehehe)
1. Apa salahku padamu?
2. Kenapa harus aku yang mengalami hal seperih ini, bukan yang lain?
3. Bagaimana aku mengobati semua luka-luka itu?
4. Kapan semua penderitaanku berakhir?
5. Siapa yang harus disalahkan, aku atau hatiku?
6. Dan, dimana lagi aku menaruh hati tulus ini setelah kau pergi dengannya?


Butuh waktu yang cukup panjang untuk pulih dari keterpurukan seperti ini. Tak semudah kita meniupkan bunga-bunga halus ilalang yang tak banyak memerlukan energi. Perasaan dalam hati seperti bayi lahir, suci dan polos. Dia begitu polos sehingga tak patut kita salahkan keberadaanya, dia pun suci karena tak ingin melihat yang diinginkannya terluka. Namun apalah arti kita ini. Kita hanya pemain opera yang memainkan lakon-lakon dalam skenario yang sudah ditentukan jauh sebelumnya oleh Sang Sutrada Jagad Raya.







Kamis, 08 Desember 2011

Kamis, Desember 08, 2011 - 1 comment

Evolusi Ubur-Ubur (Mastigias papua)

EVOLUSI
UBUR-UBUR (Mastigias papua) YANG KEHILANGAN SENGAT RACUN
  

1. Asal Usul Danau Kakaban “Danau Ubur-ubur”

 Salah satu pulau Indonesia yang tak berpenghuni ini berada di Laut Sulawesi, tepatnya di sebelah Utara Semenanjung Sangkulirang. Aset wisata negara ini terletak tak jauh dari Taman Nasional Kutai di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Keunikan akan danau yang bernama serupa dengan nama pulaunya itu menjadi daya pikat banyak pasangan mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Danau yang berair payau ini mampu menawarkan biota laut yang siapun pun melihatnya akan takjub oleh keunikannya itu. Bagaimana tidak, beberapa jenis makhluk hidup yang umumnya berdomisili di laut telah hadir menghiasi danau kakaban. Seperti ubur-ubur, alga laut, anemon laut, spons, timun laut (teripang) dan tak ketinggalan pula jenis ikan-ikan kecil lainnya. Keanehan tersebutlah yang menjadi keunikan dari danau kakaban. Oleh karena itu, sejarah terbentuknya danau ini pun tak lepas dari sorotan penikmat alam. 

Terbentuknya danau kakaban bermula dari 2 juta tahun lebih yang lalu. Ketika danau tersebut merupakan laguna dari sebuah atol yang terbentuk dari karang. Pada jaman itu telah terjadi sebuah proses pengangkatan selama beberapa ribu tahun yang mengakibatkan terumbu karang di sekelilingnya naik di atas permukaan laut. Selain itu, danau yang berisi air laut terbentuk dari 5 km2 air laut yang terperangkap di dalam pematang dengan ketinggian 50 m. Kemudian ditambah air dari dalam tanah dan air hujan sejak sekian lama. Akibatnya, semua makhluk hidup yang terperangkap pun beradaptasi selama beribu-ribu tahun yang lalu dengan lingkungan barunya itu.

Pemandangan danau kakaban disuguhi oleh oleh pohon-pohon bakau dan pohon-pohon lebat lainnya yang mengelilingi pulau. Terumbu karang yang menurun nan curam mengahadap langsung ke laut sebagai bagian garis pantai Pulau Kakaban. Di dunia ini, ubur-ubur yang tak beracun hanya bisa ditemukan di dua tempat yakni di Danau Kakaban dan satu lagi di Palau, Kepulauan Mikronesia. Keduanya merupakan danau berair payau. Namun, Danau Kakaban koleksi ubur uburnya lebih kaya.


 Ikon yang menjadi pusat sorotan dari danau kakaban adalah ubur-uburnya yang sama sekali tidak beracun. Jelas berbeda dengan ubur-ubur pada umumnya. Menurut Menteri Kehutanan, membeberkan bahwa ubur-ubur tak beracun adalah endemik yang berasal dari danau berair payau atau danau ubur-ubur di Pulau Kakaban, Kalimantan Timur. Jenis ubur-ubur tersebut memang tidak memiliki sengat beracun antara lain, Cassiopea ornata, Aurelia aurita, Triedalia cystophora, dan Mastigias papua. Hasil evolusi tersebut terjadi akibat adanya isolasi di danau air asin karena tidak adanya hewan pemangsa atau predator. Ubur-ubur seperti ini diakibatkan adanya proses evolusi yang cukup lama oleh air hujan dan air tanah, dimana air danau disini menjadi lebih tawar dibandingkan air laut yang ada di sekitarnya. Dampaknya pada adaptasi hewan laut di dalamny, khususnya spesies ubur-ubur Mastigias papua.
  
2. Perbandingan Karakteristik Ubur-ubur (Mastigias papua)

KARAKTERISTIK
Ubur-ubur Pada Umumnya
Ubur-ubur Danau Kakaban
Kebanyakan ubur-ubur hidup di laut (perairan), yaitu dari pantai hingga dasar laut.
Ubur-ubur yang berada di Danau Kakaban hidup di air yang lebih tawar dibandingkan dengan air laut d sekelilingnya.
Keistimewaan dari ubur-ubur adalah Sel penyengat (nematosit) yang berada pada tentakelnya dan berfungsi untuk beberapa aktivias ubur-ubur seperti pergerakan, menangkap mangsa serta pertahan diri. Nemato atau sel penyengat adalah struktur intraseluler paling besar dan kompleks. Racun dari mematosis bervariasi dan neurotoksin adalah yang paling sering muncul.
Dikarenakan adanya perbedaan ekosistem air, daya sengat yang dimiliki oleh ubur-ubur menjadi turun atau bahkan hilang. Demi mempertahankan hidup, mereka (ubur-ubur) berevolusi dengan mengikuti perubahan ekosistem di sekitarnya. Perangkat organ penghasil racun yang ditemukan pada ubur-ubur yang hidup di air laut dengan kepekatan garam pun musnah.
Ubur-ubur termasuk ke dalam bangsa karnivora. Makanan ubur-ubur terdiri atas berbagai macam hewan, mulai dari jenis zooplankton hingga ikan yang ditangkapya dengan tentakel yang dilengkapi banyak nematosis.

Ubur-ubur tersebut cenderung pasif atau berdiam diri dengan bukaan payungnya yang terbalik menghadap ke atas dan membiarkan tentakelnya yang penuh alga simbion untuk fotosintetis. Prilaku ini merupakan perilaku “memelihara” simbion dalam tubuhnya berupa mikroalga yang hidup dalam jaringan. Hal ini merupakan aksi simbiosis yang saling memberi keuntungan. Mikroalga dapat menggunakan produk metabolik (CO2) dari ubur-ubur, sebaliknya ubur-ubur dapat menggunakan oksigen yang dihasilkan dari fotosintesis mikroalga.

Menurut para ahli, Beribu-ribu tahun diperlukan untuk suatu proses evolusi dari suatu bentuk kehidupan yang lebih kompleks dimana ini hal ini bisa terjadi hanya di laut tanpa adanya kehidupan yang bersaingan.
             
              Satu fenomena yang paling menarik di danau ubur-ubur adalah migrasi vertical harian pada Mastigias papua. Diketahui bahwa migrasi vertical Mastigias papua merupakan bentuk tingkah laku dalam beradapatasi dalam fasilitas penambahan zooxanthellae. Hal ini dibuktikan di Palau bahwa Mastigias papua dapat bertoleransi dan menahan ammonium yang berkonsentrasi tinggi di atas anoxic chemocline (Tomascik and Mah, 1994). 

              Ini merupakan adaptasi yang cukup unik, khususnya adalah migrasi horisontal harian oleh Mastigias, kepadatan tinggi dan tumbuhan yang tetap hijau hadir di antara spesies ubur-ubur, dan tertutupnya sifat alami dari ekosistem ini, dimana ubur-ubur merupakan planktivores teratas, membuat danau laut menjadi tempat yang sangat menarik dalam satu jangkauan dari ekologis dan evolusiner investigasi. Mastigias dapat sedikit menyengat manusia dan membunuh mangsa mikroskopik, mereka bersimbiotik dengan zooxanthellae dan mereka telah terisolasi pada danau ± 20.000 tahun yang lalu. Beberapa danau laut tropis di Palau terdapat populasi perrenial yang sangat banyak dari dua ubur-ubur Scyphozoan: ubur-ubur keemasan (Mastigias sp), dan moonjellyfish (Aurelia sp). Medusae keemasan (Mastigias sp) memiliki tingkah laku, morfologi dan fisiologi yang merupakan hasil dari manisfestasi atau perwujudan evolusi ekosistem yang terisolasi ribuan tahun yang lalu. (Dawson et al, 2001).

Rabu, 07 Desember 2011

Rabu, Desember 07, 2011 - No comments

Karena Diri Sendiri Bukan Orang Lain

"Dulu nggak pernah tuh dia pake rok. Pake tas, sepatu atau aksesoris cewe feminim gitu.. Gileee... itu anak berubah banget."

BERUBAHHHHH.... Ranger Merah.. Ranger Kuning.. Ranger Biru.. Ranger Merah Muda.. Ranger Hitam..
*LHO... ko jadi bawa-bawa film Power Ranger yahhh... hhehehe.. Maklum, kadang kata 'BERUBAH' jadi bersinggungan dengan film-film masa kecil kita dulu... ;)

Siapa sih yang nggak mau berubah menjadi lebih baik??? It's Nothing I Think.. Semakin berkurang umur hidup di dunia. Semua orang termasuk saya. Pasti pengen berubah baik sengaja atau juga tidak sengaja, yang penting ke arah yang lebih baik. Right???

Tapi kalo berubahnya cuma karena urusan cinta, LOVE atau apalah itu namanya. Itu percuma, guys. Itu nggak bakal permanen alias cuma sementara. Yaa sekedar shared aja kali yak, itu bakal ngerugiin waktu kalian. Mending kalo dia peduli atau merespon perubahan kalian. Kalo nggak??? beuuhh makan ati tuh, ngebatin bgt kalo bahasa sekarangnya... Ada pengalaman niy, Kadang nggak sedikit juga tuh pasangan yang nerima perubahan seseorang. Gilaaaa bahagiaaa bgt tuh yaakkk bisa nyenengin orang dengan perubahan kita. Rasanya pasti senengnya sampe terbang ke langit dan nggak balik-balik.. hhhaahhaa




Hhhhmm... Tapiii sempet nggak sih kita mikir (kali2 mikir deh,, hhehehheh) dia tuh suka sama KITA atau PERUBAHAN kita??? Kalo kita berubah ke asli yang kita yg dulu gimana??? Mau mutusin kita dengan berjuta alasan nggak sayang lagi lah, kamunya sibuk, inilah itulahh... ahhhh kebanyakan alasan kaya emak-emak... gimana coba???? nggak enak kan. Ujung-ujungnya kita juga sakit. Makan ati lagi dah (bagus bgt niy buat yang punya anemia.. hheehee, Kidding)
 



So. apa yang harus kita lakuin??? Nangis????boleh sih, tapi nggak usah kelamaan. Kasian tuh sama kelenjar air mata.. Lagipula, kalo kita nangis, dia juga ikut nangis??? Belum tentu, siapa tau dia lagi ketawa-ketawa..

Pokoknya, kita harus berubah, karena diri kita sendiri, myself . Emang sih susah, tapi itu lebih baik daripada yang lain. Kalo berubah karena orang tua, itu masih toleran menurut aku. Tapi kalo karena LOVE, Cinta atau cowok, nggak deh..
Yang jelas, yang jalani hidup adalah KITA, berarti apapun itu KITA juga yang menanggungnya kan. berattt kan omongannya,,, hahahah


~Just stay yourself (Rani, 2011)~

Rabu, Desember 07, 2011 - No comments

Lyric Lagu Will You Marry Me? By Lee Seung Gie (이승기) Ft Bizniz


Will You Marry Me?
( 결혼해 줄래)

나랑 결혼 해 줄래?
narang gyeolhon hae jullae?
나랑 평생을 함께 살래?
narang pyeongsaengeul hamkke sallae?
우리 둘이 알콩달콩 서로 사랑하며
uri duri alkongdalkong seoro saranghamyeo


나 닮은 아이 하나
na darmeun ai hana
너 닮은 아이 하나 낳고
neo darmeun ai hana nako
천년만년 아프지 말고
cheonnyeonmannyeon apeuji malgo
난 살고 싶은데
nan salgo sipeunde


솔직히 말해서 내가 널 더 좋아해
soljikhi malhaeseo naega neol deo johahae
남자와 여자사이엔 그게 좋다고 하던데
namjawa yeojasaien geuge jotago hadeonde


내가 더 사랑할게
naega deo saranghalge
내가 더 아껴줄게
naega deo akkyeojulge
눈물이 나고 힘이 들 때면
nunmuri nago himi deul ttaemyeon
아플 때면 함께 아파할게
apeul ttaemyeon hamkke apahalge


평생을 사랑할게
pyeongsaengeul saranghalge
평생을 지켜줄게
pyeongsaengeul jikyeojulge
너만큼 좋은 사람 만난 걸
neomankeum joheun saram mannan geol
감사해 매일 너만 사랑하고 싶어
gamsahae maeil neoman saranghago sipeo
나랑 결혼해 줄래
narang gyeolhonhae jullae


[Rap]
Marry me 매일이 행복에 겨워서
Marry me maeiri haengboge gyeowoseo
괜시리 내일이 기대 되는 사람
gwaensiri naeiri gidae doeneun saram
왜이리 왜이리 떨리는 걸까
waeiri waeiri tteollineun geolkka
보고 또 봐도 내겐 제일인 사랑
bogo tto bwado naegen jeirin sarang
검은머리 파뿌리 될 때 까지
geomeunmeori pappuri doel ttae kkaji
우리 둘의 생이 다 끝날 때 까지
uri durui saengi da kkeutnal ttae kkaji
손에 물은 묻혀도 눈에 눈물 절대 안 묻혀
sone mureun mutyeodo nune nunmul jeoldae an mutyeo


넌 나의 반쪽 가슴
neon naui banjjok gaseum
난 너의 반쪽 가슴 되어
nan neoui banjjok gaseum doeeo
숨을 쉬는 그 순간순간 널 사랑해 줄께
sumeul swineun geu sungansungan neol saranghae julkke


시간이 지나서 주름이 늘어나도
sigani jinaseo jureumi neureonado
꼭 지금처럼 너와나
kkok jigeumcheoreom neowana
영원히 함께 할 거야
yeongwonhi hamkke hal geoya


내가 더 사랑할게
naega deo saranghalge
내가 더 아껴줄게
naega deo akkyeojulge
눈물이 나고 힘이 들 때면
nunmuri nago himi deul ttaemyeon
아플 때면 함께 아파할게
apeul ttaemyeon hamkke apahalge


평생을 사랑할게
pyeongsaengeul saranghalge
평생을 지켜줄게
pyeongsaengeul jikyeojulge
너만큼 좋은 사람 만난 걸
neomankeum joheun saram mannan geol
감사해 매일 너만 사랑하고 싶어
gamsahae maeil neoman saranghago sipeo

[Rap]
너는 마치 어두웠던
neoneun machi eoduwotdeon
내 삶을 밝혀주는 빛
nae sarmeul barkhyeojuneun bit
보글보글 찌개소리로 반겨주는 집
bogeulbogeul jjigaesoriro bangyeojuneun jip
매 말랐던 내 맘에 내려주는 비
mae mallatdeon nae mame naeryeojuneun bi
사랑이란 참 의미가 담겨있는 시
sarangiran cham uimiga damgyeoinneun si
하늘이 정해 준 운명의 끈
haneuri jeonghae jun unmyeongui kkeun
너와 나의 만남은 천생연분
neowa naui mannameun cheonsaengyeonbun
이 세상을 다준대도 바꿀 수 없는
i sesangeul dajundaedo bakkul su eomneun
내 삶엔 오직 평생 너뿐
nae sarmen ojik pyeongsaeng neoppun




내가 더 사랑할게
naega deo saranghalge
내가 더 아껴줄게
naega deo akkyeojulge
눈물이 나고 힘이 들 때면
nunmuri nago himi deul ttaemyeon
아플 때면 함께 아파할게
apeul ttaemyeon hamkke apahalge


평생을 사랑할게
pyeongsaengeul saranghalge
평생을 지켜줄게
pyeongsaengeul jikyeojulge
너만큼 좋은 사람 만난 걸
neomankeum joheun saram mannan geol
감사해 매일 너만 사랑하고 싶어
gamsahae maeil neoman saranghago sipeo
나랑 결혼해 줄래
narang gyeolhonhae jullae

Source:  thelapan.com
            
korean lyrics: mnet

Jumat, 02 Desember 2011

Jumat, Desember 02, 2011 - No comments

So Sorry, It's My Confession

Jujur... 

Sedih, nama ini tak tertulis seperti itu.

Jujur.. 

Kecewa, mendengar berita bahagia itu.

Manusia diciptakan memiliki cipta, rasa dan karsa

Sekuat apapun menahan, menyimpan dan menyembunyikan sesuatu

Pada akhirnya itu akan goyah. Tak tau kapan...

Kegagalan adalah HARGA MATI sebuah perjuangan

Tak ada yang bisa mengelak ataupun menghindar dari kegagalan

Satu, dua, tiga kali gagal itu biasa.

Jika lebih,,??

Itu luar biasa. Luar biasa pedihnya. Luar biasa kecewanya. Luar biasa terpuruknya.

LUAR BIASA..!!!


Adakah daftar penerima kegagalan di dunia ini??

Siapa sajakah mereka??

Apakah aku termasuk di dalamnya??

Jika ada, nomor urut berapakah aku??

Bisakah penerima kegagalan itu tersenyum??

Tersenyum bangga atas keberhasilan yang diraihnya sendiri??

Bukan hanya tersenyum bangga atas keberhasilan orang lain

Aku hanya butuh jawaban dari catatan panjang perjuangan ku selama ini.