Rabu, 25 April 2012

Rabu, April 25, 2012 - No comments

Free is Freedom

HHHUUUUUUAAAAAAAAAAAAAAA.................
Rasanya ingin sekali pergi ke padang rumput yang luas. Bertemankan permadani hijau dan beratapkan langit biru. Kan kuhempaskan raga ini dan menjadi bagian dari hamparan rumput hijau. Ingin kuteriak mengalahkan suara perkasa sang elang. Dan sedalam-dalamnya menghirup udara bebas.


Bui. Aku masih terjebak olehmu.
Terkekang oleh waktu yang semakin bergulir. Tirai-tirai besi ini menghalangi mataku menatap apa yang inginku lihat. Dada ini semakin berat bernafas.

Sesak. Inginku..... Ahh aku tak tau harus berkata apa. Speechless maybe. Tak pernah terbesit dalam pikirku menyalahkan organ tubuhku yang menjalankan tugasnya. Karena ini bukan salah mereka. Bukan juga salah para sipil bui. Sebab bui ku bukanlah bui-bui biasa. Bui ku tak kasat mata. Aku menjadi tawanan oleh diriku sendiri. Mungkin itu cukup menjelaskan bagaimana gambaran bui ku.

Bingung. Bingung mengatakan apa yang kurasa. Mungkin, aku hanya ingin bebas. Bebas tanpa syarat dari segala yang mengekangku. Semakin aku berfantasi di dalam bui. Rasanya semakin sempit merentangkan lenganku. Serasa ada yang mengganjal di rongga jiwa ini. Ingin rasanya aku mengeluarkan itu. Membebaskannya.

Detik ini. Aku pun tak tau apa yang harus kulakukan. Menjadi residivis diri sendiri begitu berat. Entah adakah yang mengerti tulisan ini atau tidak. Aku hanya mengikuti alur jari jemariku menulis. Dan menumpahkan apa yang kupikirkan dan kurasa. Aku hanya tak ingin melewatkan semua yang kurasa. Karena aku bukanlah tape recorder yang bisa melakukan playback terhadap apa yang kurasa.


Senin, 23 April 2012

Senin, April 23, 2012 - No comments

Let's Celebrate Earth Day

22 April 2012. Hari apakah itu? 
Minggu. Hhmmm itu sih sudah pasti (fakta kalender tahun 2012). 

Yang lebih spesifik, ada yang tau??
Hanya suara-suara sunyi yang menjawab. Yup, sebenarnya tanggal 22 April adalah hari bumi sedunia.

Tak banyak khalayak insan yang tau akan hal ini. Terlebih dengan sejarah terlahirnya hari bumi sedunia. Mungkin hanya segelintir yang tau hal ini. 

Sekilas tentang tanggal 22 April 2012.
Kisah lahirnya hari bumi berawal dari empat puluh dua tahun yang lalu bertempat di Amerika Serikat. Dialah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga seorang pengajar lingkungan hidup. Beliau menggagasi adanya peringatan hari bumi sejak satu tahun sebelumnya, tahun 1969. Menurut pandangannya, diperlukan adanya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi di perguruan tinggi, Gagasan ini mendapatkan respon yang cukup luas hingga meraih puncaknya pada 22 April 1970.

Ketika itu sejarah mencatat bahwa kira-kira 20 juta manusia turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York. Sebagai aksi untuk mengecam para perusak bumi. Begiltulah majalah TIME mencatat sebuah sejarah baru kala itu.
Finally, moment ini kemudian menjadi tonggak sejarah memperingatinya hari bumi untuk penayangan perdana. Tanggal ini pun bertepatan  dengan musim semi di Northern hemisphere (bumi belahan utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. PBB pun mengakuitanggal 22 April sebagai hari bumi yang dilaksanakan secara global, ecara resmi merayakannya 22 April sebagai “International Mother Earth Day“.


Hari Bumi Sedunia tanggal 22 April 2012
Bukan trompet, bahkan kue tart cantik yang dibutuhkan di hari bumi ini. Kita sudah banyak menuntut pada bumi, dan kini saatnya kita untuk memberikan sesuatu pada bumi. Itulah kado terindah yang munkin akan berkesan baginya. Mari kita rayanakan hari bumi ini dengan "10 Ways to Go Green and Save Green".

1. Menghemat Energi Untuk Menghemat Uang.
- Mengatur termostat beberapa derajat lebih rendah di musim dingin dan beberapa derajat lebih tinggi di musim panas untuk menghemat biaya pemanasan dan pendinginan.
-Mengganti bola lampu neon kompak (CFL) ketika lampu pijar tua habis.
-Mencabut peralatan ketika tidak digunakan. Atau gunakan strip daya secara cerdas ketika peralatan tidak aktif dan memotong penggunaan energi.
-Mencuci pakaian dalam air dingin bila memungkinkan. Sebanyak 85 % dari energi yang digunakan untuk mesin-cuci pakaian pergi ke pemanas air.
-Menggunakan rak pengeringan atau jemuran untuk menyimpan energi dinyatakan digunakan selama pengeringan mesin.



2. Hemat Air Untuk Menghemat Uang.
- Mandi dengan pancuran lebih pendek untuk mengurangi penggunaan air. Ini akan menurunkan air dan tagihan pemanas juga.
- Menginstal pancuran aliran lebih rendah. Supaya tidak memerlukan biaya banyak, dan penghematan air dan energi dengan cepat dapat membayar kembali investasi kita.
- Pastikan memiliki keran aerator pada setiap keran. Peralatan murah ini menghemat sambil menjaga tekanan air tinggi.
-Menanam tanaman yang teoleransi terhadap kekeringan di kebun Anda. Banyak tanaman membutuhkan air minimal. Cari tahu yang terjadi secara alami di wilayah Anda.


3. Mengurangi Gas = Uang berlebih (Lebih menyehatkan)
- Berjalan atau bersepeda untuk bekerja. Hal ini menghemat biaya gas dan parkir sementara meningkatkan kesehatan jantung kita dan mengurangi risiko obesitas.
- Pertimbangkan telekomunikasi jika kita tinggal jauh dari pekerjaan kita. Atau bergerak lebih dekat. Bahkan jika ini berarti membayar lebih banyak sewa, bisa menghemat uang dalam jangka panjang.
- Melobi pemerintah setempat untuk meningkatkan penggunaan di trotoar dan jalur sepeda. Dengan biaya yang murah, perbaikan ini dapat membayar dividen besar dalam memperbaiki kesehatan kita dan mengurangi lalu lintas.


4. Cerdas dalam Makan
- Jika kita makan daging, tambahkan satu makanan tanpa daging seminggu. 
- Membeli  daging, bahan organik , telur, dan susu kapanpun dari petani setempat.
- Menonton video tentang mengapa makanan lokal dan makanan laut berkelanjutan sangat besar.
- Apapun pola makan kita, kurangi untuk memakan makanan laut.
 

5. Membuang Botol Plastik 
- Menggunakan filter air untuk memurnikan air keran daripada membeli air kemasan. Tidak hanya air kemasan mahal, tapi menghasilkan sejumlah besar limbah wadah.
- Membawa botol air yang dapat digunakan kembali ketika kita sedang berpergian, sebaiknya alumunium bukan plastik.
- Melihat artikel pendek terbaru tentang tren air kemasan.


6. Berpikir Sebelum Membeli
- Searching untuk menemukan produk baru atau bekas yang masih baik digunakan.
- Memeriksa penjualan garasi, toko barang bekas, dan toko-toko pengiriman untuk pakaian dan barang-barang sehari-hari lainnya.
- Ketika melakukan pembelian, pastikan kita sanggup atau tidak.
- Menonton video tentang apa yang terjadi ketika kita membeli sesuatu. Pembelian kitamemiliki dampak yang nyata, untuk lebih baik atau lebih buruk


7. Meminjam Daripada Membeli.
-Meminjam dari perpustakaan daripada membeli buku-buku pribadi dan film. Hal ini menghemat uang, belum lagi tinta dan kertas yang masuk ke dalam mencetak buku baru.
- Berbagi penggunan peralatan dan aplikasi lainnya. Kenalilah tetangga kita sambil mengurangi pada jumlah hal yang berserakan lemari atau garasi.


8. Cerdas Membeli
- Membeli dalam jumlah besar. Membeli makanan dari tempat grosir dapat menghemat uang dan kemasan.
- Memakai pakaian yang tidak perlu dry-clean. Hal ini menghemat uang dan menghemat penggunaan bahan kimia beracun.
- Investasi produk berkualitas tinggi dan tahan lama. Kita mungkin membayar lebih sekarang, tapi kita akan senang ketika kita tidak perlu mengganti item seperti yang sering (dan ini berarti limbah yang sedikit!).


9. Jauhkan Elektronik dari Tempat Sampah.
- Menjaga ponsel, komputer, dan elektronik lainnya selama mungkin.
- Donasi atau daur ulang mereka bertanggung jawab bila saatnya tiba. E-limbah mengandung merkuri dan racun lainnya dan merupakan masalah lingkungan tumbuh.
- Daur ulang ponsel kita.
- Meminta pemerintah setempat untuk mendirikan sebuah daur ulang elektronik dan acara pengumpulan sampah berbahaya.


10.Menyediakan Kebersihan yang Kita Lakukan
- Rahasia besar: Kita dapat melakukan yang sangat efektif, produk pembersih tidak beracun setiap kali kita membutuhkannya. Yang kita butuhkan adalah bahan-bahan sederhana seperti baking soda, cuka, lemon, dan sabun.
- Membuat produk pembersih kita sendiri yang dapat menghemat uang, waktu, dan kemasan-belum serta kualitas udara dalam ruangan Anda.


Itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk merayakan hari bumi sedunia. Hal ini tidak hanya  dilakukan hari ini saja. Atau berhenti hingga hari ini saja. Kita bisa lakukan ini tiap hari, kapanpun. Because earth day is every day.


Source:
www.earthday.org
www.earthsocietyfoundation.org
www.history.com/topics/earth-day

Sabtu, 21 April 2012

Sabtu, April 21, 2012 - No comments

The Little Things For The Big Things

Awalnya aku berencana untuk 'hibernasi' dari segala bentuk kegiatan di luar kosan. Terlebih karena minggu depan jadwal UTS ku yang seperti judul sinetron, STRIPPING. Tapi apa daya, panggilan kampus pun berteriak. Yup, ada kuliah umum hari ini. Awalnya aku kurang bersemangat untuk itu. Karena masih banyak hal yang harus ku lakukan hari ini.


Menjatuhkan pilihan untuk menempati salah satu kursi di ruangan kampus, ternyata bukan pilihan yang salah. Aku mendapatkan ilmu konservasi di sini. Lebih tepatnya konservasi burung. Seumur-umur baru kali ini aku menyelesaikan kuliah umum hingga babak terakhir. Sejak jam 9.00 pagi hingga 12.30 aku masih duduk manis di kursi pojok sebelah selatan. Dan inilah hasil jepretanku, di sela-sela kuliah umum itu berlangsung, tetep narsis. Hehehe


Kudengarkan seksama tiap kata-kata yang keluar dari bibir pembicara itu. Kuperhatikan slide demi slide yang beliau tampilkan. Rasanya ingin sekali aku terjun dalam dunia konservasi. Seperti salah satu minatku akhir-akhir ini. Menjadi 'tangan-tangan malaikat dari Tuhan' untuk menyelamatkan dan melestarikan sebuah kehidupan satwa.


Dan ketika pembicara itu berceloteh. Aku berkata dalam hati. Betapa bodohnya aku. Begitu banyak hal yang banyak tak aku ketahui. Mungkin inilah sekilas cuplikan yang bisa aku ringkas dari kuliah umum tadi.

First, Ternyata, hanya Indonesialah yang mempunyai buku tebal panduan burung sebanyak 7 buah. Hanya di Indonesia, bangsa lain TIDAK. Woow amazing. Berbanggalah kita wahai bangsa Indonesia, mungkin bangsa lain iri terhadap kita, hehehe.

Second, Dalam hal burung , Indonesia selalu menduduki podium dunia. No 1 di dunia sebagai negara yang memiliki species burung endemik. No 4. sebagai negara yang memiliki kekayaan species burung. dan No 1 pula sebagai negara yang memiliki species terancam puncah secara global.

Third, Burung bukan hanya seorang fauna. Dia pun dinyatakan sebagai inspirator untuk manusia. Bird for human inspiration. Sebut saja, japan's shinkansen (kereta peluru), beijing stadium (bird nest). Beberapa morfologi dan tingkah laku burung tertumpahkan dalam aktivitas manusia. Ini merupakan sebuah disiplin ilmu baru, sekitar tahun2005 lalu yang dinyatakan sebagai biomimicri.

Fourth, Begitu banyak spesies burung yang masuk dalam kategori kepunahan. Sebut saja, burung dodo (Raphus cucullatus). Burung ini pun punah sebelum banyak orang mempelajarinya. Tak ayal, banyak di dunia maya yang menampilkan sosok burung dodo yang begitu beragam. Tak ada satupun orang di dunia ini yang memiliki species burung dodo. Bahkan, museum di London pun hanya mempunyai specimen burung dodo mulai dari kepala hingga paruh saja, serta juga kaki. Tak lengkap secara keseluruhan. Miris benar nasib burung ini.What a pity :(

Fifth, Ternyata virus H5N1 bukan sepenuhnya kesalahan burung. ternyata lebih cenderung ke unggas. Burung hanya terkontaminasi oleh unggas seperti ayam dan bebek yang tidak memiliki sistem kekebalan dan rentan terhadap virus. Sedangkan burung sendiri memiliki LPT (Low Pathogenic Influenza). Unggaslah yang terkena virus H5N1, yang menyebabkan mereka bermutasi menjadi strain yang berbahaya bagi burung dan organisme lainnya. Mungkin seharusnya kita menamakan virus flu unggas, bukan virus burung. 

Yaahh. itulah sekilas tentang kuliah umum tadi. Begitu bermanfaat untukku. Masih banyak rasanya yang ingin kucoretkan disini. Tapi, memang ini yang bisa aku tumpahkan disini.

Terimakasih kutujukan kepada almamaterku, Biologi Unsoed yang telah memfasilitasi kami sebagai kaum pemburu ilmu. Kami telah mendapatkan ilmu menarik dan bermafaat yang kiranya belum tersampaikan di bangku kuliah kami. Terimakasih pula kepada ibu Prof. Dr. Ir Ani Mardiastuti, M.Sc yang telah meluang waktunya untuk berbagi ilmu dengan kami  disini.

Semoga, ini adalah titik awal bagi insan-insan muda berjiwa peduli alam. Sebuah titik kecil terang menuju sebuah perubahan besar di esok hari. Salam konservasi !!


Pesan yang bisa diambil dari kuliah ini adalah:
"Wahai insan-insan muda berintelektual yang berjiwa besar. Luangkanlah waktu kalian, tumpahkan tenaga dan pikiran kalian pada satwa di luar sana. Mereka membutuhkan uluran tangan peduli seperti kita."

Selasa, 17 April 2012

Selasa, April 17, 2012 - No comments

Refleksi Seorang Perempuan, dan Aku Bangga Itu

Sebuah cupilkan film:
"Cewek itu seperti kapas, sekalinya kena noda. Yaa bakalan keliatan. Dan susah untuk dihilangkan. Pasti tetap ada bekasnya."
Miris banget aku ngeliat film itu di tahun 2011. Rasanya perempuan itu begitu rapuh tak berdaya. Kesan ini mungkin sudah melekat lama bagi kaum hawa hingga sekarang.

Meskipun seperti itu, kita sebagai perempuan nggak bisa duduk menyendiri merenungi menjadi makhluk lemah. Meskipun kita hadir nomor dua setelah kaum Adam. Ini bukan alasan untuk menjadi yang termarginalkan. Kata "Emansipasi Perempuan" memang sudah tak asing lagi di telinga kita. Dan itulah jawabannya. Kita masih bisa bergerak. Kami bisa maju. Meskipun ada sebuah ungkapan yang mengatakan seperti ini:
"Kamu itu perempuan, sekolah tinggi-tinggi tuh percuma. Ujung-ujungnya pasti dapur. Ngurusin rumah, anak dan suami."
Orang tuaku sih nggak pernah ngomong seperti itu. Tapi berbeda dengan kebanyakan daerah  yang masih sedikit terjamahi moderenisasi dan pendidikan. Hal tersebut bukan hanya kata-kata yang keluar dari mulut semata. Saat-saat produktif atau umur 20 tahun, kebanyakan dari mereka sudah menggendong 2 anak atau lebih. Bahkan jika perempuan berumur 18 tahun belum menikah, mereka menyebut perempuan itu perawan tua. Woww tega sekali yaaa.

Memang benar adanya. Perempuan memang sudah kodratnya seperti itu, tak jauh dari aktivitas melayani suami dan anak. Tapi salahkan kita, bila kita ingin melakukan apa yang bisa dilakukan oleh kaum pria?? Toh, kita tidak akan keluar dari batas kami sebagai perempuan. Kami hanya ingin merasakan indahnya berkarya di dunia. Ingin maju dengan segala keterbatasan kemampuan kami. Namun tetap, tidak ada kesetaraan antara kaum hawa dan kaum adam. Karena dalam hidup selalu ada tingkatan. Kaum Adam memang di atas kami, merekalah pemimpin kami.

Tak harus ada rasa kecil hati untuk seorang hawa. Kita justru  terlahir istimewa. Kita diberi kesempatan untuk merasakan detik-detik sebuah awal kehidupan muncul. Mungkin sakit rasanya, tapi itulah perjuangan. Mamaku berkata:
"Perempuan akan menghargai ibunya dan dirinya sendiri ketika dia hamil dan melahirkan buah hatinya. Pertaruhan nyawa bergejolak pada moment itu."
Woooww dramatis banget. Kelak, aku pun akan merasakan hal itu aminn... Hanya perempuan yang bisa seperti itu, lelaki tidak (untuk skala manusia). Lain lagi kalau untuk kuda laut, yang melahirkan justru sang jantan.

Rasa takut pasti ada, tapi inilah hadiah istimewa dari ALLAH SWT. Perang berjuang kebenaran memang sudah jarang, tapi kita masih bisa berjuang di jalan yang benar. Kita tak perlu perang menggunakan senjata, cukup dengan melahirkan kita sudah melakukan perjuangan yan amat mulia. Perjuangan yang tak begitu mudah, perlu waktu sembilan bulan atau lebih untuk persiapan. Hidup dan mati seorang ibu dipertaruhkan di sini. Masih ingatkah dengan kalimat ini:
"Surga ada di bawah telapak kaki ibu."
Ibu adalah seorang perempuan tangguh. Berbanggalah kita sebagai perempuan. Calon seorang ibu yang akan merasakan hasil perjuangan panjangnya. Untuk mendengar suara tangisan manja seorang bayi. Merawat, membesarkan dan menemaninya tumbuh dewasa hingga dia siap menjadi dirinya, seorang calon ibu.



Allah SWT begitu baik terhadap umatnya. Janganlah kita kecewakan ataupun melalaikan pemberian-Nya. Karena istimewanya lah kita harus menjaga baik diri kita. Ibarat jual beli, wanita itu bagaikan suatu barang. Karena kita istimewa, tatkala ada yang menginginkan kita diperlukan proses sakral dan suci. Yakni ijab kabul dalam suatu pernikahan. Kasarnya, kaum hawa laksana barang yang akan dimiliki oleh seseorang. Dan sudah saatnya kita memberikan yang terbaik. Jangan mengecewakan sang pembeli, sang imam kita.

Jagalah sesuatu yang tak bisa dibeli dengan apapun termasuk uang. Sesuatu yang hanya Allah SWT berikan satu kali dalam seumur hidup. Sesuatu inilah yang menjadi barometer dan pandangan seorang lelaki terhadap perempuan. Kesucian. Pada dasarnya, lelaki akan mampu menilai akhlaq wanita lewat barometer itu. "Apakah dia pantas mendapatkan cinta tulusku dan menjadi istri dari anak-anakku kelak? Menjadi figur teladan bagi anak-anakku?" Rentetan pertanyaan dalam pikir lelaki. 

Janganlah sesuatu ini hilang hanya karena godaan dunia. Sesuatu ini adalah kado dari Allah SWT untuk perempuan. Jangan sampai seseorang yang seharusnya mendapatkan itu, hanya bisa mengelus dada dan kecewa pada akhirnya. Pedulikanlah dia. Karena dia pun amanat dari Allah SWT untuk kita.
"Perempuan itu harus seperti guci istimewa. Guci unik yang selalu dilirik pasang mata, namun tak sembarang orang bisa menyentuh. Guci unik seperti itu akan semakin mahal harganya. Tapi, semakin banyak peminatnya. Karena mereka (pembeli) ingin yang spesial." Ini kata salah satu dosenku. Lagi-lagi kita dikatain barang, hadeehhh...  heheheeheh :)
Ayahku pun pernah berkata seperti ini :
"Perempuan yang baik-baik pasti mendapatkan lelaki yang baik-baik pula. Begitupun sebaliknya."
Finally,
menjadi orang yang baik-baik rasanya nggak ada ruginya. Jangan hanya kita menginginkan sosok yang baik, tapi kita juga harus berusaha menjadi orang yang baik-baik seperti filosofi guci istimewa tadi. Ingat, kita yang menanam benih, berarti kita juga yang memanen buahnya. Dunia akan terasa indah, kawan. Jika kita tidak menyimpang dari alur yang sudah digoreskan oleh Allah SWT.


By the way, did you know:
Tanggal 22 Desember adalah hari ibu. 
Tanggal 8 Maret adalah hari perempuan sedunia. 
Tanggal 21 April adalah hari kartini (Pejuang Wanita Indonesia)

Yeaaayyy...
Itu hanya untuk perempuan. Alhamdulilah yaa.. Satu lagi hal spesial untuk perempuan. Berbanggalah kita, kawan. Jangan ada rasa kecil hati ataupun rendah diri dengan martabat kita. Hidup perempuan...

Sabtu, 14 April 2012

Sabtu, April 14, 2012 - No comments

Sepertinya Rugi Untuk Dilewatkan

Awalnya, lagi nunggu inspirasi buat tugas-tugas yang tiap detik 'menghantuiku'.
Mereka nggak bosen-bosennya gentayangan di pikiranku.
"tugasss... tugasssss... tugassss... Ayoo sentuh kamiii..." ucap mereka (read: tugas) sambil membawa pilar-pilar mereka.
Otak sih udah sinkron buat searching-searching materi.

Ehh ga tau kenapa, aku nulis keyword nya malah 'save our planet'.
Jelas-jelas itu bukan pokok pembahasan tugasku. Haduuu kebawa naluri cinta alam kalii yaaa... hihihihih
Nasi sudah menjadi bubur. Yaa udah di makan aja kali yaa keburu dingin (ahh ngaco deh yaa) 
Gambar-gambar berdominan hijau memenuhi layar leptop ku.
Iseng, yaudah deh aku klik tuh gambar-gambarnya. Yang sekiranya menarik perhatianku.

Dan..
ihhhh waaaaawwww. Dapat video berbau go green !!


This's it. GREEN TIP_CHANGE YOUR LIGHT BULB.  
-Save electricity by simply switching the light bulbs you buy. Plus, learn more ways to help protect the planet-


        
 This's it. GREEN TIP REPLACE COFFEE CUP
- Help save trees by replacing paper coffee cup with your favorite mug. Find out the big difference you can make- 

Sabtu, April 14, 2012 - No comments

Synapta maculata : Spesies Teripang Jumbo


Synapta maculata (Chamisso and Eysenhardt, 1821)

Spotted Sea Cucumber



By:

Maharani Nursyamsu

B1J009005


Synapta maculata adalah spesies dari timun laut berukuran besar yang memiliki 15 tentakel . Memiliki warna yang bervariasi yaitu kuning-cokelat dengan garis-garis membujur yang lebar serta garis-garis melintang berwarna gelap. Spikula merupakan karakteristik seperti jangkar berukuran lebar (500-2000µm) dengan ujung yang lembut. Selain nama spesien tersebut yang diterima,terdapat pula nama sinonim untuk spesies ini, yaitu Hothuroidea maculata (Chammiso and Eysenhartd, 1821).

Pengklasifikasian spesies ini pada order Apodida lebih dikarenakan spesies ini memiliki tentakel berupa digitate, menyirip, tidak memiliki tabung pernafasan, tidak memiliki kaki tabung, ditutupi dinding tubuh yang tipis (transparan) dan berada di dangakal juga permukaan laut (Kerr, 2000). Spesies ini tergolong ke dalam family Synaptida, sebagaimana family ini berciri-ciri memiliki tentakel berbentuk menyirip (pinnate), bertubuh seperti cacing tetapi tidak memiliki kaki tabung, dinding tubuhnya yang tipis menyimpan banyak sekali spikula berbentuk jangkar yang menyebabkan hewan ini lengket atau melekat jika disentuh (Purwati dan Wirawati, 2008). Menurut (Paulay, 2011) klasifikasi dari Synapta maculata adalah sebagai berikut:

Kingdom : Animalia
Phyllum : Echinodermata
Class : Holothuroidea
Order : Apodida
Family : Synaptida
Genus : Synapta
Species : Synapta maculata

Menurut James (2001), menyatakan bahwa spesies ini memiliki bentuk yang panjang seperti ular. Panjang tubuhnya bisa mencapai lebih dari 2 meter. Keseluruhan permukaan tubuh memiliki lingkaran kecil berwarna putih dan tersusun rapat. Synapata maculata adalah spesies dari timun laut berukuran besar yang memiliki 15 tentakel dan memiliki warna yang bervariasi yaitu kuning-cokelat dengan garis-garis lebar yang membujur dan garis-garis gelap yang melintang. Spikula merupakan karakteristik seperti jangkar yang berukuran lebar (500-2000µm) dan memiliki ujung yang lembut (Chammiso and Eysenhartd, 1821). Spikula jangkar dan lempeng jangkar yang dimiliki spesies ini besar dan terdiri dari lubang-lubang pada lempeng jangkarnya yang lebih besar pada bagian tengahdarpada yang bagian tepi. Sisi posterior lempeng jangkar ini terdapat penghubung yang pada bagian tengahnya terdapat duri. Spikula butir berbentuk sederhana. Ukuran Synapta maculata yang memiliki ukuran besar menyebabkan spikulanya mudah dikenali. (Purwati dan Wirawati, 2008). Tentakel yang dimilikinya pun terdiri dari 30-40 batang pusat dari pinnule yang terdapat pada bidang tangensial ke mulut jaringan sungut bagian dalam diatur sedemikian rupa sehingga batang dan tiap spinnules dapat bergerak secara bebas. Hal ini membuat tentakel sangat dapat mengatur, membungkus lamun daun dan menekan permukaan yang datar. Sebuah tipe sel tambahanpada epidemis sungut berupa sel yang vesikuler. Sel-sel ini dikemas dalam vesikel besar yang menjadikannya mencolok dalam tentakel. Sel-sel vesikel ini dapat dijadikan sel-sel pertahanan yang mengandung bahan racun (Flammang and Connad, 2004).

Tentakel yang dimiliki oleh spesies ini akan terlihat ketika aktif dalam pergerakan pada saat mencari makan. Synapta maculata akan menarik da memundurkan tentakelnya selama dia memegang benda padat (James, 2001). Tentakel Synapta maculata terlihat beradaptasi dengan baik dalam efisiensi memakan endapan, perekat mereka cukup besar pada permukaan luar dan pergerakan yang luas memungkinkan penangkapan partikel makanan dengan maksimal, sementara dengan keberadaan sel defensif mereka pada epidermis akan mencegah tentakel predator, dan dengan demikian memungkinkan organisme dapat mengoptimalkan waktu makan mereka. Spesies ini merupakan pemakan di daerah permukaan terhadap partikel-partikel kecil seperti diatome, mikroalga, detritus dan sedimen (endapan) (Flammang and Conand, 2004).

Synapta maculata banyak ditemukan di beberapa habitat seperti: 1) Dasar laut berpasir dengan sedikit makroalga (makroalga < 5%); 2) Dasar laut bepasir dengan cukup makroalga (makroalga 10-50%); 3) Dasar laut berpasir dengan banyak makroalga (makroalga > 50%);; 4) Dasar laut berpasir dengan rumput laut (>20%) dan mikroalga (10-50%); 5) Dasar laut berpasir dengan makroalga dan koloni terumbu karang (Kaly et al., 2007). Spesies invertebrata ini banyak ditemukan di berbagai belahan dunia seperti Aldabra, Afrika Timur, Madagaskar, Sungai Mascarene, Seychelles, Kenya, Laut Merah, Samudra Hindia Barat, Tanzannia dan Samudra Pasifik Barat. Umumnya penyebaran atau distribusi spesies ini terdapat pada daerah tropis dengan kedalaman perairan rata-rata 0-20 meter. Synapta maculata pun dapat ditemukan di Indo dan Samudra Pasifik (Rowe & Gates 1995). Sejumlah 20.283 Holothuroidea terdiri dari 19 spesies yang dipelajari. Synapta maculata termasuk pada spesies yang memiliki tingkat kelemahan tinggi bersama 12 spesies lainnya. Hal tersebut didasarkan atas penyamarataan distribusi dan preferensi (Kerr et al, 1993).





DAFTAR REFERENSI

Chamisso, A. de, and Eysenhardt, C.G 1821. De Animalibus Quibusdam e classe Vermium Linneana in Circumnayigaatione Terra Auspicante Comite N. Romanzoff, Duce Ottore de Kotzbue. 1815-18 peracta observatis II Nova Acta Acad Caesar, Leop Carol 10:345-374.

Flammang, P and Conand, C. 2004. Functional Morphology Of The Tenctacles in The Apodid Holothuroid Synapta maculata. SPC Beche de mer Information Bulletin#19

James, D. B. 2001. Twenty Sea Cucumber From Seas Around India. Naga. The ICLARM Quarterly Volume 24 Nos. 1 & 2.

Kaly, Ursula., Hardman, Emiliy., Persand, Sharveen and Klaus, Rebeca. 2007. Result of Lagoon Characterisation Surveys and Identification of Critical Habitat and Resources. Partnership of Marine Protected Areas in Mauritius and Rodrgues.

Kerr, Alexander M. 2000. Holothuroidea, Sea Cucumbers. Tree of Life Web Project. Universtas of Guam Mangilao USA


Kerr, Alexander M., Stoffel, Emily M and Yoon, Rosanna L. 1993. Abundance Ditribution of Holothuroides (Echinodermata: Holothuridea on A Windward and Leeward Fringing Coral Reef Guma Mariana Islands. Bulletin of Marine Science 52(2):780-791

Paulay, G. 2011. WoRMS Holothuroidea: World Listof Holothuroidea. Universitas of Florida, Florida Museum of Natural History, Gainesville USA

Purwati, Pradina dan Wirawati, Ismiliana. 2008. Synaptidae (Echinodermata: Apodidae) dari Daerah Lamun Elnusa Pulau Timor Nusa Tenggara Timur. Pusat Penelitian Oseanografi, LIPI Jakarta

Rowe, F. W. E and Gates, J. 1995. Echinodermata. In Zoological Catalogu of Australia 











  

Jumat, 13 April 2012

Jumat, April 13, 2012 - No comments

Korea, wait me please !!

어서 오세요 ( Eoseo Oseyo )
(Read: Selamat Datang)



WWWOUUUOOOOWWWW... KOREAAAAA... Yup, This's it, my favorite destination.

Sudah cukup lama aku jatuh cinta dengan negara ini. Kurang lebih 6 tahun lah.
Ini bukan berarti tidak mencintai negeri sendiri (read: Indonesia). Tapi maksud konteks disini, korea adalah negara yang menurutku patut untuk dikunjungi. Yaa salah satu objek kunjungan kalo seandainya keliling dunia.

Banyak hal-hal berbau Korea yang mungkin bisa aku share di sini. Tujuannya hanya sekedar informasi bukan promosi ataupun lainnya. Just for have fun, guys 

First, disini aku akan share objek-objek yang rasanya sayang untuk 'dicampakkan'...
Di sini aku shared objek nya berdasarkan 4 musim yang ada di Korea.

1. Musim Semi (Spring Season)


Buat yang penyakit narsis nya udah stadium 4. Mungkin ini tempat yang cocok buat kalian. Yup, Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae. Di sini kita bisa bermandikan bunga sakura yang jatuh dengan senang hatinya. Pokoknya bunga sakura nggak pelit deh buat kalian. Lokasi ini memang banyak di kunjungi turis dan fotografer. Jadi, nggak ada salahnya juga kan kalau kita action-action di sini. Itung-itung jadi artis korea dadakan. Pastikan kamera selalu di genggaman, karena kita pasti ketagihan deh... hehe



Masih ingat dengan Seven Wonder 2012? This's it, Jeju Islands. Pulau di Korea Selatan ini adalah salah satunya. Tempat ini bakal memnajakan mata kalian. Salah satu yang terbaik adalah Seopjikoji, sebuah tanjung di pantai yang terkenal karena ketenangan dan romantismenya. Bunga kuning yang bermekaran di musim semi menciptakan warna-warni dengan paduan tanah merah dan langit berwarna biru.Tempat terbaik untuk mengambil foto Sungsan Sunrise Peak dapat diambil di sini. 


Amazing!!! Aku ngerasa kayanya pernah ada hujan cat yang mengguyur Korea. Liat deh pohon-pohonnya, colorfull. The Garden Morning Calm, ini dia yang bikin aku sempat melted. Sebuah arboretum  yang dirancang dengan indah dan seimbang di Gapyeong. Tempat ini dikelola oleh seorang profesor hortikultura. Kebun ini memiliki lebih dari 20 tema dan 5.000 berbagai jenis tanaman, dan menyelenggarakan event luminarie (bentukan dekoratif bertabur dengan 6 juta bola lampu LED) sampai tanggal 1 Maret. 



2. Musim Panas (Summer Season)

Seongsan Sunrise Peak. Ini cocok buat yang punya jiwa bolang alias petualang. Letusan vulkanik membentuk kawah gunung berapi yang megah ini pada 5 ribu tahun yang lalu di Pulau Jeju. Puncak kawah ini sekarang menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Puncak tersebut terkenal memiliki banyak keindahan, termasuk spesies tanaman langka. Mainly, bagaimana melihat matahari terbit dari atas puncak kawah. Pendakian ke puncak dapat dimulai dari barat laut, untuk mencapai titik tertinggi (180 meter) dibutuhkan waktu sekitar 30 menit.


Poppy Garden, Simhak Mountain, Paju. Mungkin nggak hanya manusia kali yaa yang bertamasya ke situ. Lebah-lebah pun pasti nggak mau kalah. Merahnya itu, bikin mata kita nggak berkedip. Pemandangan di Gunung Simhak. Terlihat seperti lukisan Claude Monet. Di sini merupakan salah satu tempat di mana kita bisa melihat bunga poppy di Korea.  Yang munkin nggak bisa kita liat di negara kita. Buat yang mau pra wedding, sepertinya cocok tuh viewnya. 




3. Musim Gugur (Autumn Season)

Seryang-Je. Sebuah tempat reservasi alam yang dibangun pada tahun 1969 di Hwasun, merupakan tempat yang terkenal kedua bagi fotografer profesional dan amatir. Lagi, mata kita akan dimanjakan oleh alam. Alam menga terlalu indah, kawan. Di sini kita akan melihat kabut halus dan berwarna-warni refleksi dari bunga dan daun. Meskipun tiap hari kita liat kabut, tapi jelas lahh yaa fell nya beda. Yang ini impor kabutnya. hehe


Balik ke jaman dulu untuk sementara, nggak ada salahnya juga kan yaa. Naganeupseong Folk Village,Suncheon. Menawarkan rumah-rumah beratap jerami, kantor pemerintahan, penginapan dan benteng, semua dari Dinasti Chosun, tetap sempurna diawetkan dalam bentuk asli mereka di situs seluas 22,6 kilometer persegi ini. Sejenak kita akan terlepas dari dunia luar yang begitu modern. Nggak ada gedung-gedung yang berebutan mencakar langit, ataupun mall-mall yang menyilaukan mata. Semuanya tradisional.  Back to nature, so cool. 



4. Musim Dingin (Winter Season)

Orang-orang tropis pasti ngiler deh liat yang satu ini. Cuma bisa liat di televisi atau majalah. Taebaek Mountain Provinsi Gangwon terkenal dengan hujan saljunya yang lebat di musim dingin. Di sini berkendara merupakan hal yang sulit, hujan salju membuat tempat ini menjadi lokasi ski terbaik di Korea. Resort High1 memiliki puncak dengan tinggi 1.345 meter dan tumpukan salju antara resor ski dan snowboard di Korea. Biasanya di sini diadakan Taebaek Snow Festival yang akan menampilkan seluncuran salju, arung jeram salju,dan lempar bola salju.

Jalan-jalan bersejarah, bukan berati kuno. Kita bisa mampir untuk menengok bangunan bersejarah Korea. Bangwhasuryujeong, Suwon Hwa Seong. Adalah salah satu dari empat paviliun polygonal di Hwa Seong. Selama Dinasti Joseon, paviliun ini digunakan sebagai pos penjagaan dan tempat untuk pertunjukan keterampilan memanah Raja Jungjo. Sekarang orang-orang menggunakannya untuk memainkan musik tradisional Korea dan puisi. Di sekeliling paviliun ini terdapat kolam-kolam air, pohon-pohon willow dan bunga-bunga.


Courtesy: Korea Tourism Organization


Semoga aja, aku bisa diberikan kesempatan untuk kesana. Menjelajahi tiap sudut keheningan dan keramaian Korea. Memuaskan segala hasrat yang masih terpendam di dalam hati aku.

Ini aku baru bisa megang duit Korea Selatan jaman Kuno, yaaa semoga ini pertanda baik. Heheheh 
Ngarep banget yaaa... 


Jumat, April 13, 2012 - 7 comments

Sebuah Project Sederhana: Ini aksiku, mana aksimu.

--> Tarangggggg..!!!!! This's it... Sebuah tempelan baru di dinding kamarku. Tempelan yang membuat kamarku menjadi lebih bervariasi. Tak hanya foto-foto, catatan yang memang perlu diingat, nota-nota, support note's ataupun jadwal kuliah.

Meskipun hanya seperti gitu, proses pembuatannya penuh perjuangan. Cukup menguras otak, tenaga dan juga waktu (Aiisssh lebay deh yaa...) Bermodalkan kemauan, laptop, internet dan printer. Terlahirlah secarik kertas imut ini (´⌣`ʃƪ)

Tanggal berapa sekarang, tanggal berapa sekarang??? (Niat cari kalender, sayangnya nggak punya kalender di kamer, hufhh)
Jari mulai beraksi, liat di hape, okee sekarang tanggal 13 April 2012.

Hari ini akan menjadi hari yang bersejarah untukku. Sesuai dengan isi dari secarik kertas di samping ini. Project pertama akan aku laksanakan di hari jumat.  Hari pertama aku menggerakkan otot-otot menuju kampus. Sudah lama rasanya aku tidak berjalan kaki. Rasanya akan bernostalgia ketika masa-masa dulu, masa-masa ketika aku menjadi seorang mahasiswi baru.

Dua kali dalam seminggu (senin dan jumat), insya allah aku akan mengurangi emisi gas dengan berjalan kaki. Dan untuk tanggal 1 Juli, di hari yang begitu spesial,  aku akan mencoba memberikan sebuah kehidupan baru. Tak sabar rasanya menunggu hari itu tiba (1 Juli).

Mungkin hanya hal ini yang bisa aku lakukan untuk bumi. Hal kecil memang. Namun, setidaknya ini bisa mengurangi hal buruk yang akan menimpa tempat kita berpijak. Karena pada dasarnya bumi terlalu indah untuk dirusak. Maka, selagi bumi belum menampakkan kemurkaannya, sayangilah bumi kita. Seperti kita menyayangi orang yang patut kita sayangi.  ♥ ♥ 

Go green:: Think Green and Act Green

Selasa, 03 April 2012

Selasa, April 03, 2012 - No comments

Menuju Konspirasi Dua Satu

Dua dan satu. Dua buah angka fenomenal teruntuk seseorang seperti aku. Kata siapa hati nggak pernah bicara. Justru dia lah yang paling banyak bicara dibandingkan indera pengecap. Hanya suara-suaranya tak bisa didengar selain si pemilik hatinya.

Hati disini bukanlah hati si alat detoksifikasi dalam tubuh manusia. Melainkan hati yang tak bisa dilihat tapi dapat dibenarkan keberadaannya. 

Jarum jam bekerja rodi mengelilingi sudut jam. Kalender demi kalender sudah terganti dengan barunya di dinding. Hatiku pun tak mau ketinggalan unjuk gigi. Semakin hari semakin cerewet hati ini. Selalu saja dia giat berbicara, meskipun hanya diriku yang mendengar dan merasakan. Dia selalu memojokanku

"Dua satu, dua satu, dua satu!!"

Hufhh,, "Yaa yaa yaa" mungkin itulah jawaban langganan untuk hati kecilku.

Seakan malaikat baik, seisi pikiran dalam otakku mendinginkan suasana. Sekarang giliran otakku yang berceloteh,

"Aku terlalu penuh memikirkan hal yang mungkin hanya aku yang bisa melakukannya, menyimpan seluruh memori. Aku semakin terhimpit dengan mimpi-mimpi dan kemauan-kemauan tinggi yang ingin diraih. Betapa lelahnya menjadi aku (otak), terlebih melihat sekeliling diri ini telah meraih mimpi-mimpi mereka. Dan kini mengapa kau (hati) menyudutkanku di sudut lebih dari 90 derajat??".

Sebuah perang dingin berkecamuk dalam raga. Semakin gundah aku membedakan antara suara hati kecilku dan isi pikiranku. Mungkin butuh waktu untuk menyelaraskan dan menyatukan dua komponen ini, hati dan otak. Terlalu banyak tujuan, mimpi dan kemauanlah yang membuat angka dua satu seakan fenomenal bagiku. Di angka yang dimulai dengan angka dua ini, aku belum juga merasakan sebagai orang berproduktif. Aku masih berjalan di atas skenario yang begitu monoton, dengan mimpi-mimpi ku yang masih melambai-lambai di ujung jalan sana.