Kamis, 07 Maret 2013

Kamis, Maret 07, 2013 - 4 comments

Other Sides of the Scientist (part 1)

video

Sudah cukup lama ini aku mengakui bahwa aku telah jatuh cinta. Yup, I'm fallin in love. Aku sebenarnya jatuh cinta dengan salah satu band asal Negeri Elisabeth, COLDPLAY. Alunan rock alternatif mereka mampu membius dan memalingkanku dari band kece lainnya. Dan salah satu lagu yang menjadi top list di winamp ku adalah THE SCIENTIST. Menurutku, judul yang mereka tawarkan cukup unik. Terlebih alunan piano yang dimainkan Chris Martin cukup memukau dan mampu membuatku bertahan lama memasang headset. Kuakui lagu ini memang lagu yang banyak diminati khalayak muda seperti aku, hahaha. Kendati lagu ini pun masih mengusung tema klasik yang tak jauh dari persoalan cinta. Yaa.. memang cinta selalu menyimpan sejuta hal yang selalu ada saja yang bisa diceritakan. It's power of love *asiiikk*


Tapi, bukan itu saja yang aku sorot selama ini. Terkadang setiap aku mendengar lagu ini, aku teringat dengan background diriku sendiri. Scientist. Yaaa, ketika aku lulus nanti akan ada embel-embel S.Si tepat dibelakang namaku. S.Si tidak lain adalah Sarjana Science, sebuah title S1 dari kampus dimana aku menimba ilmu. Aku memang berasal dari jurusan ilmu sains, tepatnya biologi murni. Tidak dapat dipungkiri pula bila follow up dari kampusku adalah menjadi seorang scientist atau ilmuan.  Sebenarnya profesi seperti  ini bukanlah impianku. Benar-benar tak pernah dibayangkan oleh aku sebelumnya, bahkan ketika menulis cita-cita sewaktu aku SD. Namun, apalah dayaku. Nasi sudah menjadi bubur. Toh aku sudah bertahan di kampus ini hampir 4 tahun. Dan aku pun tak bisa mengelak apalagi menghindari hal yang berbau scientist. Lihat saja ketika aku masih semester 5. Aku dengan beraninya mencoba PKL (Praktek Kerja Lapangan) di salah satu lembaga riset milik pemerintah di Jakarta. Bermodalkan niat, ilmu seadanya dan segudang nekat, maka jadilah aku seorang scientist muda *agak berlebihan sepertinya*.


















Aku memang si bolang, si bocah petualang. Berbicara realita, sebenarnya nggak sepenuhnya aku berjiwa mandiri. Aku masih termasuk dalam kategori anak yang manja. Namun ku akui ada hasrat ingin menjadi pribadi yang lebih mandiri. Maka dari itu aku berani memutuskan untuk PKL di Jakarta. Padahal disana tak ada satupun keluargaku disana. Untung saja aku bersama sahabatku. Jadi aku tidak merasa kesepian ataupun ketakutan selama 1 bulan lebih disana, terhitung sejak akhir Januari hingga akhir Februari. Dan itu menjadi pengalaman terhebat versi diriku sendiri. Hal itu tidak lain karena aku mencapai targetku untuk mengkoleksi pengalaman beserta menjelajahi tiap jengkal daratan di muka bumi ini. Finally, I got you Jakarta!!

Begitu banyak cerita dari ranah betawi yang aku pun terkadang ingin tertawa sendiri mengingatnya. Hahaha. Mikrobiologi Lingkungan, merupakan bidang kajian PKL ku saat itu. Menurutku itu terlalu hebat dan menakutkan bagi aku yang bisa dikatakan masih anak bawang. Namun, itulah aku. Bukan Maharani Nursyamsu jika aku tidak berani menerima tantangan. Dibalik tembok gedung LIPI Oceanografi Ancol Jakarta, begitu banyak cerita suka dan duka yang terukir. Diantara ketiga sahabatku, hanya diriku yang bekerja paling lama hampir 1 bulan lebih. Air mata pun tak terelakkan. Rasa putus asa pun sempat menghampiriku saat itu. Namun Allah SWT memang sutradara terbaik di jagad raya ini. Atas izin Allah SWT. akhirnya aku bisa menyelesaikan PKL beserta laporan hasil PKL ku, yang berjudul Analisis Kemampuan Bakteri Hidrokarbonoklastik Menghasilkan Biosurfaktan Untuk Agen Bioremediasi.

Inilah cerita pertama diriku yang berperan sebagai scientist *gaya nya setinggi langit*. Next, cerita apa lagi yang akan berkumpul bersama pengalaman-pengalaman ku sebelumnya? Kota mana lagikah yang akan aku jelajahi??? Hhmmm rasanya aku tak sabar menanti rencana indah dari Allah SWT.


post signature


4 komentar:

betul bgt nang, dan semua rencana itu akan indah pada waktunya :D

miss scientist perkenalkan aku artist
>,</ sama2 ngesok dikit boleh kan
minder lama2 malah bisa gantung diri

yah anak bawang boleh lah, asal status belaka, bisa jadi jati dirinya sekeren superherowoman

hahaa heiii jg mr artist..
jgn gantung diri, mending loncat aja dr lantai tetinggi hahahaa...

huuaaa amminnnn... ya moga anak bwang ni cuma titik start menuju superherowoman sperti yg km blang :D

Posting Komentar