Baterai Bio dari Mikroba

Semakin hari pasokan listrik semakin menurun di tanah air, banyak berbagai daerah yang harus rela menerima giliran mati lampu “berjamaah”. Ironis memang jika membayangkan kehidupan selanjutnya di masa depan. Akankah anak, cucu dan cicit kita merasakan listrik ???? Eittsss, calm down guys.. Dunia belum berakhir koq, kita masih ada sang penyelamat yang akan memberikan secercah cahaya. Siapakah dia???? BAKTERI lah jawabannya, melalui makhluk mungil ini Tuhan YME akan membantu kita semua. 


Menurut Laporan National Academy of Sciences di Amerika Serikat, menyatakan bahwa untuk pertama kali dalam sejarah, struktur molekul protein dapat memungkinkan bakteri mentransfer listrik. Bahkan kini, para ilmuwan mulai menggunakan teknik yang disebut x-ray crystallography untuk mengetahui struktur molekul protein yang bekerja seperti 'kabel' sebesar atom dan menghasilkan listrik. penggunaan bakteri yang ada sekarang memiliki kinerja 100 atau 1.000 kali lebih efisien. Penemuan itu juga dapat mempercepat perkembangan teknologi mikroba yang dapat membantu membersihkan minyak atau polusi uranium. Mikroba mungkin di masa depan akan didaftarkan untuk membersihkan kecelakaan nuklir seperti di Fukushima Daiichi di Jepang. Ini adalah loncatan yang menarik dalam pemahaman kita tentang beberapa spesies.


Menurutnya, penemuan ini menandakan bahwa kita sekarang bisa mulai mengembangkan biobaterai yang efisien sebagai sumber energi yang layak di masa depan.

Temuan ini membawa ilmuwan pada teknik ‘pengikat’ bakteri langsung ke elektroda. Alhasil, sel bahan bakar mikroba efisien atau ‘baterai bio’ dari bakteri pun tercipta. "Suatu kemajuan menarik bisa memahami cara spesies bakteri menggerakkan elektron dari dalam ke luar sel," ungkap peneliti UEA Tom Clarke.

Nah, peran dari mikrobiologi telah ikut menyumbang dalam menanggapi permasalah yang dihadapi masyarakat dunia.



Source:

Komentar

  1. terima kasih atas informasinya..
    semoga bermanfaat bagi kita semua Teknologi mobil

    sukses selalu

    BalasHapus
  2. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Honda Civic bekas

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Synapta maculata : Spesies Teripang Jumbo

Jeruk Kingkit (Triphasia trifolia)

Ini Nyata: Bukan Sebuah Sci-Fi Film